Yang Harus Dihindari ketika Merenovasi Rumah

home renovation 1Ada banyak orang yang memutuskan untuk merenovasi rumah mereka ketika merasa sudah kurang nyaman atau ketika butuh perubahan pada tampilan rumah mereka. Memperbaiki rumah tidak ada salahnya selama ada dana dan rencana yang matang. Jika hal ini dilakukan asal-asalan, dapat dipastikan hasilnya tidak akan baik dan cenderung merugikan. Oleh sebab itu, dipikirkan dengan baik terlebih dahulu jika ingin merenovasi rumah.

Jika saat ini, Anda sudah memiliki dana yang cukup dan rencana renovasi yang matang, pastikan untuk tidak melakukan hal-hal di bawah ini kecuali Anda ingin kecewa:

Membeli bahan-bahan bangunan murahan

Di luar sana, ada banyak penyedia bahan bangunan yang menyediakan produk dengan harga murah. Meskipun begitu, jangan senang dulu karena tidak semua dari mereka menawarkan produk jempolan. Jika Anda memilih bahan-bahan bangunan murahan dengan kualitas jauh dari standar, sudah pasti rumah Anda yang sudah direnovasi akan kembali direnovasi selang beberapa bulan saja. Hal ini disebabkan karena daya tahan dari produk yang dibeli sangatlah jelek. Misalnya, jika Anda membeli semen yang tidak berkualitas dan menggunakannya untuk lantai dan dindin, lantai dan dinding akan retak dan cepat berlubang atau jika Anda membeli genteng tidak berkualitas, ketika pemasangannya akan ada banyak genteng yang pecah dan apabila hujan, genteng akan retak sehingga rumah akan bocor.

Mempekerjakan tukang yang tidak berpengalaman

Saat ini, Anda tinggal pilih mana tukang yang cocok untuk Anda karena keberadaan tukang membangun dan memperbaiki rumah saban hari semakin banyak. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda asal-asalan saja memilih tukang. Sebaiknya ketahui dulu reputasi dan pengalamannya dan sudah berapa lama dia bekerja. Apabila si tukang baru beberapa bulan bekerja di bidang ini, sebaiknya tidak mempekerjakannya dengan alasan apapun karena besar kemungkinan hasil pekerjaan mereka nantinya akan merugikan Anda. Jika Anda bingung, sebaiknya minta rekomendasi dari orang terdekat dan cek apakah tukang yang direkomendasikan berpengalaman dan profesional atau tidak. Jangan takut untuk menghabiskan banyak waktu untuk memilih tukang yang tepat karena hal ini sangatlah penting. Anda tidak inginkan sudah habis uang banyak dan hasil renovasi rumah mengecewakan Anda karena tidak sesuai keinginan Anda?

Menghindari melakukan pengawasan

Ada banyak orang yang merenovasi rumah mereka menyerahkan seluruh tanggung jawab kepada para tukang atau kontraktor. Hal ini dikarenakan karena mereka sibuk atau terlalu percaya dengan para pekerja tersebut. Apakah ini dapat dibenarkan? Sebenarnya hal ini sangat tidak dibenarkan dan disarankan karena ketika Anda menyerahkan seluruh tanggung jawab kepada mereka, itu artinya bahwa mereka boleh melakukan apa saja. Yup, mereka bisa saja mengubah rancangan rumah yang sudah dibuat semau mereka, mengurangi takaran bahan bangunan, menggunakan bahan bangunan second, dan lain sebagainya. Bahkan jika Anda membayar upah mereka harian, mereka sengaja memperlambat proses renovasi rumah agar mereka bisa lebih banyak mendapatkan upah. Untuk menghindari semua masalah ini, ada baiknya untuk tidak melepas semua tanggung jawab kepada tukang. Anda harus tetap berperan aktif selama proses renovasi berlangsung dengan cara melakukan pengawasan. Tugas ini memang sederhana karena Anda tinggal mengecek progress yang ada dilapangan dan kemudian memberikan perintah jika proses renovasi tidak sesuai yang diharapkan.

Bagaimana jika Anda sibuk di kantor? Minta bantuan orang terdekat untuk melakukan pengawasan atau setiap kali makan siang, Anda bisa ke luar kantor dan melakukan pengawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *