3 Cara Tepat Mencari Kontraktor yang Berkualitas

kontraktor berkualitasMenggunakan jasa seorang kontraktor memang banyak manfaatnya, mulai dari perancangan desain bangunan yang lebih sempurna, pemilihan berbagai material yang bagus, penganggaran biaya yang cukup matang, sampai pengerjaan bangunan hingga selesai dapat diperkirakan. Tentu hal ini akan sangat membantu pendirian bangunan menjadi lebih cepat dan efektif dari yang dibayangkan. Akan tetapi, yang menjadi catatan dalam hal ini adalah seorang kontraktor yang digunakan jasanya. Sejatinya, bila kontraktor tidak berkualitas bukan tidak mungkin pembangunan rumah ataupun gedung bisa amburadul dan biayanya tidak sesuai. Oleh karena itu, bila Anda ingin menggunakan jasa kontraktor perlu hati-hati supaya tidak tertipu oleh kontraktor yang abal-abal. Lakukan tiga cara berikut untuk mendapat kontraktor yang profesional dan berkualitas:

Ketahui legalitas kontraktor

Sebelum Anda memutuskan menjalin kerjasama dengan seorang kontraktor maka perlu bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu legalitas kontraktor. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengecek data-data milik kontraksor tak lain dak tak bukan surat izin usahanya. Perlu Anda ketahui, seorang kontraktor yang profesionak tentunya tidak ingin bekerja dalam status yang gelap. Artinya dia sudah terlebih dahulu memiliki Surat Izin Usaha Jasa Kontruksi (SIUJK) dari kepala daerah untuk dapat membuktikan keseriusannya dalam bekerja dan mewujudkan karirnya menjadi seorang seorang kontruktor yang terpercaya. Itulah sebabnya mengapa seseorang yang berprofesi sebagai seorang kontraktor wajib memegang surat izin usaha jasa konstruksi.

Seleksi minimal 3 kontraktor

Untuk mendapat kontraktor yang berkualitas, tidak ada salahnya bila Anda menyeleksi minimal 3 kontraktor secara bergantian. Tentu dari setiap kontraktor memiliki pendapat yang berbeda, baik mengenai desain interior & eksterior bangunan, biaya, maupun waktu penyelesaian bangunan. Penyeleksian para kontraktor pada dasarnya tidak begitu rumit, justru akan menambah keyakinan Anda dalam memilih kontraktor yang tepat. Contohnya, perancangan desain yang digambarkan berbeda, Anda bisa memilih mana yang lebih menarik dan membuat Anda sekeluarga nyaman untuk menempatinya, baik itu warna, ketinggian, maupun tipe bangunan. Di samping itu, Anda juga bisa mendapat penjelasan yang maksimal tentang prosedur garansi bangunan yang diberikan. Untuk itu, penting melakukan penyeleksian minimal 3 kontraktor guna memperoleh hasil bangunan sesuai harapan.

Minta pendapat kerabat atau kenalan

Upaya lain yang dapat Anda lakukan agar tidak salah pilih kontraktor ialah dengan cara meminta pendapat dari pada kerabat atau kenalan Anda yang sebelumnya pernah menggunakan jasa kontraktor atau yang mempunyai kenalan seorang kontraktor. Kerabat yang sebelumnya pernah menggunakan jasa kontraktor tentunya dapat memberikan inisiatif bagaimana memilih seorang kontraktor yang bagus. Bahkan, jika kerabat merasa puas dengan jasa kontraktor yang pernah digunakannya tentu beliau akan merekomendasi pada Anda bahwa kontraktor yang dipilihnya juga patut Anda tunjuk. Sebaliknya, apabila kerabat merasa tidak puas karena desain bangunannya jelek, pengap, dan jadul maka bukan tidak mungkin kerabat akan memberi saran bagi Anda untuk memilih jasa kontraktor lain yang lebih handal.

Memilih jasa kontraktor memang tidak boleh secara sembarangan. Ingat, bila kerjasama sudah dimulai maka hasil akhir bangungan akan tergantung daripada kinerja seorang kontraktor. So, pastikan ketiga hal di atas untuk memproleh seorang kontraktor yang berkualitas dan juga berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *